Our social:

Selasa, 25 Agustus 2015

Asam Folat, Pentingkah Bagi Anda ?

Asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi, mulai dari memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah.

Keberadaan nutrisi ini sudah sejak lama diketahui penting sebagai pemelihara kesehatan bagi semua usia, mulai dari bayi di dalam kandungan hingga orang dewasa.

Asam Folat

Apa Saja Fungsi Asam Folat
Beberapa keuntungan yang diperoleh tubuh jika asam folat tercukupi antara lain:

1. Proses Pembentukan Sel-Sel Tubuh Sekaligus Sel Pembawa Kode Genetik Berjalan Dengan Baik.
Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru.  Senyawa  protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang. Selain memproduksi DNA, asam folat juga berperan dalam memperbaiki DNA dan RNA. Asam folat juga berperan dalam membantu pembelahan dan pertumbuhan sel yang cepat.

2. Menghindari Anemia
Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.

3. Mencegah Bayi Terlahir Cacat
Pembentukan saraf pusat sudah dilakukan sejak awal manusia dibentuk dalam kandungan. Asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak (anensefali) ataupun gangguan susunan saraf pusat (spina bifida). Nutrisi ini juga  berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA dan fondasi sel-sel tubuh yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin. Jadi, ibu hamil  membutuhkan lebih banyak asupan asam folat untuk menghindari bayi terlahir dalam keadaan cacat.

4. Makanan Kaya Asam Folat
Penting sekali manfaat asam folat bagi tubuh kita, bukan? Beruntung, makanan yang mengandung asam folat tersedia dalam jumlah yang melimpah. Beberapa makanan kaya asam folat yang mudah didapatkan di sekitar kita antara lain:
  • Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti: bayam, brokoli, dan selada.
  • Kacang-kacangan, seperti: kacang polong.
  • Buah-buahan, misalnya: melon, pisang, dan lemon.
  • Makanan yang diperkaya folat, seperti: roti, sereal, dan jus.

Bagaimana Mencukupi Asam Folat ?

Agar kebutuhan tubuh akan asam folat tercukupi, jangan terpaku hanya pada satu sumber. Mengonsumsi makanan yang bervariasi akan lebih baik karena juga bisa mencegah kebosanan. Konsumsi makanan mengandung asam folat dengan variasi berbeda juga tidak berbahaya bagi tubuh. Karena meski terdapat tingkat asam folat yang berlebihan pada tubuh, akan segera dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Kebutuhan akan asam folat sendiri bervariasi bagi tiap individu. Beberapa instrumen yang memengaruhi kebutuhan tubuh akan asam folat antara lain usia dan jenis kelamin. Pengaruh lain seperti kehamilan dan penyakit berperan dalam pemenuhan asam folat bagi tubuh.

Jika sesudah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat di atas Anda masih mengalami kekurangan asam folat, sebaiknya segera hubungi dokter. Dokter kemungkinan akan menyarankan Anda mengonsumsi suplemen asam folat yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

0 komentar:

Posting Komentar